Notification

×

Iklan Lptopt

Iklan Hp

SPACE IKLAN HP

Camat Lubuklinggau Selatan II Apresiasi Etika Demokrasi Pemilihan Ketua RT 07 Oleh Warganya

Minggu, 11 Juni 2023 | 3:04:00 AM WIB Last Updated 2023-06-11T10:45:31Z
    Bagikan Berita ini


DETIK TV SUMSEL | LUBUK LINGGAU - Detiktvsumsel.co.id
Lubuklinggau, Minggu 11/06/2023 berlangsung Pemilihan Ketua 07 Kelurahan Margamulya Kecamatan Lubuklinggau Selatan II.

Layaknya proses pencoblosan, warga yang membawa undangan datang kemudian mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mendapatkan kartu suara. Setelah itu mereka menuju bilik suara dan mencoblos 2(dua) Kandidat Ketua RT yang ada. Kemudian, kartu suara tersebut dimasukan ke dalam kotak suara yang dijaga oleh petugas.


Pemilihan Ketua RT 07 tersebut untuk periode 2023-2026, yang diikuti warga setempat berlangsung Santai, tidak kurang dengan rasa Demokrasi dan keramahan Warga setempat. Hampir 80% yang hadir hingga Pukul 11.00 siang itu, menunjukkan antusias masyarakat RT 07 untuk seorang Pemimpinnya.
.
Pemilihan Ketua RT dengan DPT 297, Pemilih yang datang mencoblos 244 suara, dan sisanya dianggap gugur / Golput saat penutupan pengambilan suara Pukul 13.00.

Kedua kandidat RT 07 Margamulya Lubuklinggau Selatan 2 ini diisi oleh Calon RT. 07 Suranto sebagai Petahana dan Calon baru Amaroni.
Visi Misi mereka hampir sama yaitu untuk mewujudkan dan mempertahankan kerukunan warga untuk kebersamaan dengan rasa saling menghormati antar warga, dari berbagai suku dan agama. Sehingga Pemilihan RT kali ini lebih menonjolkan pada persaingan Sosok yang diimpikan warga setempat.

Pemilihan Ketua RT tersebut diatas dihadiri dan disaksikan oleh Camat Lubuklinggau Selatan 2 ,  Ketua Panitia Pemilihan RT kelurahan Margamulya Bapak Teguh, Ketua Panitia RT 07 Bapak Komarul S.,  Panitia Pemilihan RT,  Babinsa Koramil Lubuklinggau Bapak Juanidi, Dua Kandidat yang duduk bersebelahan Suranto dan Amaroni serta warga setempat. 

Di sela-sela obrolan santai, terdengar imbauan oleh Camat Lubuklinggau Selatan 2, "Suksesnya Pemilihan RT ini akan mencerminkan kesuksesan Pilkada dan Pilpres mendatang,  ujar Ahmad Azhari. 


Harapan Ketua yang terpilih dapat menjalankan tugas dengan amanah. Apabila pemimpin tersebut tidak amanah, maka rakyat yang akan menjadi korban, segala urusan menjadi rumit dan keberlangsungan hidup sosial menjadi kacau.

"Sangat demokratis, bahkan mulai sejak pendataan DPT, sudah dipersiapkan dengan baik. Dari proses pemilihan ini, apresiasi warga benar-benar tersalurkan," tutur Idris Siregar selaku Panitia Pemilihan RT.  

Sementara seorang warga panggilan Ap,  mengaku senang sekaligus bingung.
"Calonnya suka semua. Yang buat susah milih, ada ketua RT yang lama, dia maju lagi mencalonkan diri, dan Amaroni yang juga Ketua Mesjid Hidayatul Akbar" ucapnya.

Alhasil setelah Proses Pemilihan suara selesai, Petahana Suranto berhasil bertahan dan menumbangkan calon baru Amaroni.  Dengan hasil suara Amaroni 107, Suranto 137. Total suara yang hadir 244. Suara yang sah 243 dan ada 1 suara yang dianggap tidak sah oleh Panitia.  

Proses Pemilihan RT 07 patut diapresiasi dan bisa menjadi contoh pendidikan Demokrasi di tingkat bawah. (Ferlim)
×
Berita Terbaru Update