Notification

×

Iklan Lptopt

Iklan Hp

SPACE IKLAN HP

Personel Satbrimob Polda Sumsel Batalyon B Pelopor Ikuti Apel Gelar Pasukan ops Ketupat Musi 2024

Rabu, 03 April 2024 | 1:17:00 AM WIB Last Updated 2024-04-03T08:17:15Z
    Bagikan Berita ini


DETIK TV SUMSEL | LUBUK LINGGAU - Danyon Satbrimob Polda Sumsel Batalyon B Pelopor AKBP Andiyano,SKM. diwakili oleh Wakil Komandan Batalyon B Pelopor Kompol Ojang,S.Sos,MM. Beserta Personel Batalyon B Pelopor mengikuti kegiatan Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Musi 2024 dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H /2024, di Mapolres Lubuklinggau Rabu (03/04/2024).

Turut hadir dalam Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Musi 2024 diantaranya Pj. Walikota Lubuk Linggau diwakili oleh Pj. Sekda Kota Lubuk Linggau Drs. H. Tamri, Dandim 0406 Lubuk Linggau Letkol Inf. Kunto Adi Seriawan, S.E., M.Han, Ketua DPRD Kota Lubuk Linggau H. Rodi Wijaya, S.E., M.Si., Kajari Lubuk Linggau Riyadi Bayu Kristanto, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Negeri Kota Lubuk Linggau diwakili oleh Hakim Pengadilan Negeri Verdian Martin, S.H., Danyon B Pelopor yang diwakili oleh Wadanyon KOMPOL Ojang, S. Sos , MM., Dansubdenpom II / 4 - 5 Lubuk Linggau LETTU CPM Nur Yusuf Supriyadi, Kadishub Kota Lubuk Linggau diwakili oleh Pasi Ops Hendry Harun, Kadishub Kota Lubuk Linggau diwakili oleh Agung Mahdi, Perwakilan Basarnas Kota Lubuk Linggau Ivan Wahid A, S.M, Pimpinan BRI Cabang Lubuk Linggau Ario Seno Hadi Nur, Kepala Kereta Api Wilayah Kota Lubuk Linggau Yudi Setiawan.

Apel Gelar Pasukan Dipimpin Kapolres Lubuklinggau AKBP Indra Arya Yudha, S.H., S.I.K., M.H.  Kapolres Lubukliggau menyampaikan Amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergitas TNI - polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H.

Berdasarkan survei indikator, kepuasaan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2023 *mencapai 89,5 % atau meningkat 15,7%* dibanding tahun 2022. Hal ini merupakan *wujud apresiasi masyarakat* atas kerja keras kita bersama yang harus dipertahankan dan ditingkatkan dalam pengamanan arus mudik dan balik tahun ini.

Sebagaimana kita ketahui bersama, berdasarkan survei kemenhub RI tahun 2024 diperkirakan terdapat *potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang* atau meningkat *56,4%* dibandingkan tahun 2023. Berkaitan hal tersebut *Presiden Joko Widodo* menekankan bahwa "Mudik tahun ini adalah mudik yang sangat besar sekali, kenaikannya 56% dibanding tahun yang lalu. Total yang akan mudik 190 Juta pemudik tahun ini kurang lebih ini dari survei, oleh sebab itu saya menghimbau, mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal.

TNI - POLRI bersama stakeholder terkait melaksanakan Operasi Terpusat dengan sandi "Ketupat 2024" yang melibatkan 155.165 Personel yang dilaksanakan selama 13 ( Tiga Belas ) hari dari tanggal 04 ( Empat ) s/d tanggal 16 ( Enam Belas ) April 2024. Operasi ini telah diawali dengan kegiatan KRYD yang dimulai pada tanggal 28 Maret s/d tanggal 03 April 2024 dan akan dilanjutkan pasca operasi pada tanggal 17 April 2024 s/d tanggal 23 April 2024.

Dalam Operasi ini, telah dipersiapkan 5.784 Pos yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu, dalam rangka pelayanan dan pengamanan utamanya pada jalur-jalur seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas dan  bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian tentunya, pos-pos yang digelar harus memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal. 

Lakukan patroli bersama pada jam - jam rawan, siapkan layanan pelaporan rumah yang ditinggalkan dan penitipan kendaraan sehingga masyarakat dapat mudik dengan tenang. Selain itu, libatkan kelompok - kelompok organisasi masyarakat dan keagamaan dalam pengamanan Sholat led sebagai wujud toleransi dan keberagaman Indonesia.

Berbagai upaya tersebut diharapkan dapat berjalan optimal, sehingga masyarakat dapat merasakan *"mudik aman, ceria, penuh makna"*. Diharapkan momentum hari raya Idul Fitri ini dapat menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi, persatuan dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat.

Selama kegiatan Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Musi 2024 di Polres Lubuk Linggau sampai dengan selesai, situasi aman terkendali.
×
Berita Terbaru Update